SKU GOL PENEGAK
PENEGAK
BANTARA
1. Islam
·
Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun
Islam
·
Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan
dapat mendirikan Sholat sunah secara individu
·
Mampu menjelaskan makna berpuasa serta
macam-macam Puasa
·
Tahu tata cara menyelenggarakan jenazah
·
Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat
·
Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan
menjelaskan hadist tersebut
1. Khatolik
·
Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katoliki
·
Dapat memimpin doa dan membangun membuat
gerakan cinta pada keberagaman agama di luar gereja katolik
1. Protestan
·
Mendalami ajaran dan mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari
1. Hindu
·
Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama
Hindu di tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu.
·
Dapat menjelaskan makna dan hekekat ajaran Tri
Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan.
·
Dapat mempraktekkan bentuk gerakan Asanas
dari Hatta Yoga
·
Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah
satu bentuk Dharma Gita.
·
Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi
dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan
1. Buddha
·
Saddha: Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai
salah satu agama
·
Menjelaskan sejarah Buddha Gotama
·
Menjelaskan Tiratana sebagai pelindung
2. Berani
menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada
sesama teman
3. Dapat
mengikuti jalannya diskusi dengan baik
4. Dapat
hidup bersama antara umat beragama dan toleransi dalam bakti
5. Mengikuti
pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan
6. Setia
membayar iuran kepada Gugusdepan, dengan uang yang seluruh atau sebagian
diperolehnya dari usaha sendiri
7. Dapat
berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari
8. Telah
membantu mengelola kegiatan di Ambalan.
9. Telah
ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali.
10. Dapat
menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali.
11. Mengenal,
Mengerti dan Memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka
12. Dapat
menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia
13. Dapat
menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam
pengembaraan.
14. Dapat
menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
15. Dapat
menjelaskkan tentang organisasi ASEAN dan PBB
16. Dapat
menjelaskan tentang kewirausahaan.
17. Dapat
mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat.
18. Dapat
menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan
sehari-hari.
19. Selalu
berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu)
cabang olahraga tim.
20. Dapat
menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan
21. Dapat
memimpin baris berbaris sangganya, dapat menjelaskan tentang gerakan baris
berbaris kepada anggota sangganya yang terdiri atas gerakan di tempat,
22. Dapat
menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan
perilaku tidak sehat.
23. Ikut
serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut - turut
PENEGAK
LAKSANA
1. Islam
·
Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun
Islam di muka pasukan Penggalang atau Satuan Penegak
·
Dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan
sholat dan dapat mendirikan Sholat sunah berjamaah
·
Dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa
serta dapat melakukan salah satu puasa sunah
·
Memahami tata cara menyelenggarakan
jenazah
·
“Pernah”
menjadi amil zakat
·
Dapat menghafal ayat tematik, dari alquran dan
mampu menjelaskannya
1.
Khatolik
·
Memahami dan mendalami 7 sakramen
·
Dapat menghafal dan menghayati akan riwayat
salah satu Santo / Santa
·
Membahas 10 Perintah Allah, dilengkapi dengan
contoh kehidupan sehari-hari
1.
Protestan
·
Dapat memberi kesaksian didepan jemaat atau
teman sebaya
·
Dapat berpartisipasi aktif dalam pelayanan
Gereja sesuai bakat dan kemampuannya
·
Telah mengikuti pengajaran Agama (Katekisasi)
1.
Hindu
·
Dapat menjelaskan sejarah kerajaan /candi
– candi agama Hindu di Indonesia
·
Dapat melafalkan dan bertindak sebagai
pemimpin persembahyangan Panca Sembah.
·
Dapat menjelaskan Samsara / Punarbawa atau
reinkarnasi sebagai bentuk untuk penyempurnaan kelahiran berikutnya.
·
Dapat menjelaskan konsep Ajaran Asta Brata
·
Dapat melakukan gerakan dan menjelaskan
fungsi, serta manfaat dari setiap gerakan Yoga Asanas.
·
Dapat melafalkan dan mengkidungkan lebih
dari satu bentuk Dharma Gita
·
Dapat menjelaskan bentuk dan fungsi dari seni
sakral keagamaan Hindu.
1.
Buddha
·
Dapat memimpin dan mengorganisir kebaktian (pagi
dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama Buddha;hari Waisak, Asadha,
Kathina, Maggapuja)
·
Saddha: Mendiskripsikan ruang lingkup dan
intisari Tripitaka
·
Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa
·
Mendiskripsikan sila sebagai bagian dari jalan
mulia berunsur delapan
·
Menjelaskan kebenaran yang terdapat dalam
tripitaka
2.
Dapat menerima kritik dari orang lain, serta berani
mengeluarkan pendapatnya dengan tertib, sopan dan santun kepada orang-orang di
sekitarnya
3.
Dapat mengikuti dan atau memimpin diskusi Ambalan dan
mampu mengambil
keputusan
4.
Dapat menjadi penengah (memberi solusi), jika terjadi
ketidaksepahaman dalam kelompoknya
5.
Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 3 kali
setiap bulan bulan
6.
Setia membayar iuran kepada Gugusdepannya, dengan uang
yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu
Ambalan dalam mengelola administrasi keuangan
7.
Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik
8.
Pernah memimpin kegiatan di tingkat Ambalan
9.
Pernah memimpin kerja bakti di masyarakat minimal 2
kali
10. Dapat
memimpin kelompok dalam menampilkan salah satu jenis kesenian daerah
11. Dapat
menjelaskan sebagian isi AD & ART Gerakan Pramuka kepada
Ambalan
12. Dapat
menjelaskan di muka umum tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan
dunia
13. Dapat
melakukan pengembaraan selama 3 hari dan atau mengatur kehidupan perkemahan
selama minimal 3 hari
14. Dapat
menjelaskan sejarah, arti, tatacara penggunaan dan kiasan Sang Merah Putih
15. Dapat
menjelaskan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB
16. Telah
memiliki keterampilan kewirausahaan yang dapat menghasilkan uang.
17. Dapat
membuat salah satu jenis peralatan teknologi tepat guna.
18. Secara
berkelompok dapat membuat struktur dari keterampilan tali temali dan pionering,
yang dapat digunakan masyarakat.
19. Selalu
berolahraga, Dapat melakukan olahraga renang selain gaya bebas dan
menguasai 1 (satu) cabang olahraga lainnya.
20. Dapat
memahami dan menjelaskan tentang kesehatan reproduksi
21. Dapat
mempersiapkan susunan dan pelaksana upacara, telah mempersiapkan minimal 3 kali
upacara, telah menjadi pelaksana upacara minimal 3 kali.
22. Dapat
menyebutkan penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi,
degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak
sehat.
SKU
PANDEGA
- Islam
- Dapat menjelaskan makna Rukun Iman, Rukun Islam, dan
Ihsan serta memberikan contohnya dalam bentuk tulisan
- Dapat menjama' dan mengqashar sholat serta mampu
menjadi Imam dalam Sholat berjamaah
- Mampu mengajak teman - teman untuk melaksanakan puasa
sunah
- Dapat merawat jenazah
- Dapat menjelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal
serta dapat menghitung nisab zakat mal
- Dapat menafsirkan ayat alquran dan hadist secara
tematik serta dapat menjelaskannya.
Khatolik
- Dapat menyebut dan menghayati 5 (lima) pondasi hidup
gereja: bersekutu, beribadah, mendalami iman, saling melayani, dan
bersaksi
- Dapat menjelaskan dan mendeskripsikan hierarki Gereja
dalam bentuk tulisan.
Protestan
·
Dapat menyanyikan minimal 6 lagu
Gerejani dan memimpin nyanyian Gerejani
·
Dapat memimpin doa dalam pertemuan
satuannya
·
Dapat memimpin suatu kelompok dalam
mempelajari AlKitab
·
Dapat membantu seorang calon Siaga
atau calon Penggalang sampai memenuhi SKU untuk Pramuka golongan Siaga tingkat Siaga Mula atau golongan
Penggalang tingkat Penggalang Ramu di bidang pendidikan agama Protestan.
Hindu
Hindu
·
Dapat menjelaskan sejarah perkembangan
Agama Hindu di dunia
·
Dapat menjelaskan korelasi konsep
kepemimpinan Hindu dengan kepemimpinan moderen dalam bentuk tulisan
·
Dapat menjelaskan fungsi Dharma Gita
sebagai bentuk pemantapan Sradha dan Bhakti Umat dalam bentuk
tulisan.
·
Berperan aktif dalam upaya pengembangan
Dharma Gita di Masyarakat.
·
Berperan aktif dalam upaya pengembangan
ajaran yoga menuju masyarakat sehat secara physik maupun mental.
·
Mampu menjelaskan konsep Catur
Asrama dalam bentuk tulisan.
·
Aktif di masyarakat dalam
pelaksanaan Meditasi.
·
Berperan aktif dalam upaya
peningkatan pengetahuan keagamaan Hindu di tingkat Siaga dan Penggalang (konsep
Brahmacaria)
Buddha
Buddha
·
Menyebutkan bagian-bagian dari kitab
suci Tripitaka Bagian Sutta dan Abhidhamma Pitaka.
·
Dapat menjelaskan pengertian sila
dan manfaat melaksanakan sila
·
Mempraktikkan latihan Athasila
setiap hari Uposatha
·
Melatih meditasi Vippasana pagi dan
sore.
·
Dapat memimpin dan mengorganisir
kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama Buddha;
·
Dapat membimbing cara
membaca/melafalkan paritta-paritta suci
kepada Pramuka Penggalang sampai mencapai Penggalang Ramu.
2.
Berani mengajukan saran dan kritik
untuk membangun desanya kepada aparat pemerintah setempat.
3.
Dapat mengikuti dan atau memimpin
diskusi Racana dan mampu mengambil keputusan.
4.
Dapat mengatasi suatu
permasalahan/perselisihan yang terjadi dalam masyarakat dengan bijak.
5.
Mengikuti pertemuan di Racana
sekurang-kurangnya3 kali setiap bulan.
6.
Setia membayar iuran kepada Gugus depannya,
dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri,
serta membantu Racana dan Gugus depan dalam mengelola administrasi keuangan.
7.
Dapat membuat tulisan dengan
menggunakan Bahasa Indonesia yang baik serta dapat memaparkannya di depan
pertemuan.
8.
Mampu membuat perencanaan kegiatan
ditingkat Racana
9.
Dapat merencanakan dan memimpin
kerja bakti sesuai keperluan masyarakat serta menguasai management
Penanggulangan Becana berbasis masyarakat.
10.
Telah memahami makna upacara adat di
masyarakatnya dan ikut berperan aktif
11.
Memahami Undang-undang Gerakan
Pramuka dan dapat menjelaskan isi AD & ART Gerakan Pramuka dalam bentuk
tulisan.
12.
Dapat menjelaskan tentang sejarah
kepramukaan Indonesia dan dunia dalam bentuk tulisan
13.
Dapat menjelaskan tentang
penggunaaan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam serta tata cara pengembaran
kepada regu atau sangga
14.
Dapat menjelaskan peran pemuda dalam
mengisi kemerdekaan dengan bentuk tulisan, mampu menganalisis dan menulis
simbol-simbol nasionalisme Indonesia (NKRI, Lambang Negara, lagu wajib
Nasional) sesuai UU No. 24 tahun 2009
15.
Mampu menjelaskan fungsi dan peran
Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB dalam bentuk tulisan
16.
Dapat membuat proposal usaha mandiri
dengan baik dan dapat melakukan kegiatan wirausaha.
17.
Dapat menciptakan mengembangkan peralatan
teknologi tepat guna.
18.
Dapat memberikan penjelasan tentang
tali temali dan pioneering kepada Pramuka Penggalang/ Penegak
19.
Sudah mengikuti Kursus Pembina
Pramuka Mahir tingkat Dasar
20.
Mampu mengajarkan olahraga
renang gaya bebas kepada orang lain dan menguasai 2 (dua) cabang olahraga salah
satunya cabang olahraga beladiri serta dapat menjadi instruktur Senam
Pramuka/Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)
21.
Dapat membahas dan menganalisis
tentang kesehatan Reproduksi
22.
Dapat menjadi Perwira Upacara dan
Instruktur Baris Berbaris
23.
Mampu melakukan penyuluhan tentang
penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang
disebabkan perilaku tidak sehat serta dapat melaksanakan PPGD.
24. Melakukan perencanaan dan pengelolaaan perkemahan dan atau
pengembaraan 3 hari berturut – turut.
kakak tentang revisi, apa revisi kwarnas, atau revisi sendiri. trim
BalasHapus